Selasa, 17 Oktober 2017
DEPAN CARI BUKU ARTIKEL BANTUAN PENULIS KONTAK

» Daftar buku
» Daftar penulis
» Daftar TOP 5

AKSES MASUK
PENULIS
nama-pemakai :

kata-sandi :

» lupa kata-sandi ?

» BUKU-E LIPI : KONTRIBUSI LIPI UNTUK DUNIA AKADEMISI DAN PENDIDIKAN

BUKU-e LIPI ? Ini merupakan sarana cuma-cuma untuk berbagi buku elektronik dengan lisensi terbuka sebagaimana layaknya aneka perangkat lunak open-source yang bisa diakses di http://www.buku-.lipi.go.id. Sarana ini dianalogikan sebagai SourceForge.net untuk aneka perangkat lunak open-source. Secara resmi BUKU-e LIPI diluncurkan saat HUT LIPI tgl 23 Agustus 2008, meski peluncuran perdana telah dilakukan pada tanggal 13 Juli 2008. Sarana ini merupakan bagian dari fasilitas publik untuk aneka hal terkait dunia ilmiah yang disediakan oleh LIPI melalui ARSIP LIPI.

Sejak diluncurkan BUKU-e LIPI telah menampung karya dari 1.185 penulis yang meliputi 1.019 judul buku di 62 bidang kajian dengan total 200.715 halaman dan ukuran data 10.508 MB ! Tetapi sejauh ini sebagian besar masih merupakan mirror dari BSE Kemdiknas, yaitu sebanyak 927 buku yang terdiri atas 291 buku SD, 154 buku SMP, 276 buku SMA, 204 buku SMK serta 2 buku Bahasa.

Dari awal BUKU-e LIPI didesain untuk memfasilitasi penulis serta pengakses buku secara interaktif. Karena itu disediakan forum kontak, diskusi, perubahan versi dan sebagainya. Hampir mirip dengan pendekatan SourceForge.net untuk perangkat lunak open-source. Sehingga meski melakukan mirroring untuk BSE Kemdiknas, sarana yang diberikan lebih daripada sekedar mirroring secara statis. Sayangnya interaksi untuk buku-buku BSE Kemdiknas tidak bisa diaplikasikan karena ketiadaan informasi data lengkap penulis-penulis buku BSE. Sebaliknya, 92 judul buku lainnya merupakan kontribusi dari para penulis lain yang memang dari awal melakukan registrasi serta membagi buku elektroniknya melalui BUKU-e LIPI.

Masih terbatasnya jumlah buku eletronik dengan lisensi terbuka yang disediakan oleh para penulis berdedikasi harus bisa dimaklumi. Karena memang jumlah penulis buku ilmiah di level lanjut di Indonesia masih sangat terbatas, yang disebabkan utamanya oleh keterbatasan komunitas ilmiah itu sendiri. Sehingga insentif untuk menulis serta menerbitkan buku ilmiah masih sangat rendah karena potensi penjualan yang masih sangat terbatas. Justru kendala inilah yang menjadi motivasi utama dibukanya sarana BUKU-e LIPI. Latar belakang ini juga yang mendasari adanya fitur donasi sukarela di BUKU-e LIPI.

Persis pada saat mendekati tanggal 1 Agustus 2011 lalu, seluruh BUKU-e LIPI telah rampung menampung seluruh BSE Kemdiknas. Meski bukan menjadi tujuan utama dari BUKU-e LIPI, setidaknya BUKU-e LIPI telah membantu menyebarluaskan dan mendukung program BSE Kemdiknas yang memang sangat diperlukan oleh masyarakat luas.

Semoga ke depan akan semakin banyak sivitas-sivitas akademisi di berbagai bidang di Indonesia yang berkenan membagi buku elektroniknya dalam berbagai bentuk untuk kepentingan masyarakat luas. Perlu diketahui, saat ini BUKU-e LIPI dikelola secara beramai-ramai oleh beberapa sivitas dari beragam latar belakang.

Catatan :
Sayangnya saya sendiri sampai saat ini belum selesai merampungkan penulisan buku teks terkait teori medan yang sudah saya buka juga di BUKU-e LIPI...;-(. Semoga bisa cepat selesai dalam waktu dekat.

Penulis : L.T. Handoko, 28 Oktober 2011

» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
revisi terakhir ; 29/10/11 (18:04 WIB)

  Dikelola oleh PDII LIPI Hak Cipta © 2007-2017 LIPI