Selasa, 23 Juli 2019
DEPAN CARI BUKU ARTIKEL BANTUAN PENULIS KONTAK

» PROFIL PENULIS
» DETAIL
- unduh naskah PDF
- unduh naskah asli
- versi cetak
- sejarah versi
- kirim ke teman
- forum pembaca
» STATISTIK
- versi : 1
- naskah PDF : 7.509 KB
- naskah asli : 0 KB
- akses : 5.413 kali
- cetak : 108 kali
- unduh : 1.063 kali
- kirim : 1 kali
- forum : 0 pesan
» ARSIP BUKU-e

Judul : Teknologi Informasi dan Perguruan Tinggi : Menjawab Tantangan Pendidikan Abad ke-21
Penulis : Richardus Eko Indrajit
Keterangan : bidang - pendidikan untuk jenjang umum
bahasa - Indonesia
tebal - 175 halaman
tahun - 2011
Penerbit : -
Berbagi : Facebook | Twitter

Deskripsi singkat :

    Salah satu hal yang mencirikan abad ke-‐21 dalam dunia pendidikan adalah berkembangnya paradigma tekno-‐sains yang menggejala akibat kehadiran teknologi informasi dan komunikasi. Revolusi sistem pembelajaran terjadi akibat hilangnya batasan sekat-‐sekat ruang dan waktu sebagai konsekuensi didigitalisasikannya berbagai sumber daya dan entitas pendidikan, beserta proses belajar-‐mengajar itu sendiri. Institusi atau lembaga pendidikan yang tidak tanggap dalam menghadapi dinamika perubahan jaman ini akan perlahan-‐lahan punah karena tidak mampu beradaptasi dan beradopsi dengan kebutuhan masyarakat baru tersebut. Satu-‐satunya cara agar institusi perguruan tinggi dapat tetap relevan dimata pemangku kepentingannya adalah melalui pemahaman holistik dan menyeluruh akan prinsip-‐prinsip perubahan paradigma pendidikan di masa moderen ini. Hanya melalui keterbukaan berfikir dan kearifan bertindak sajalah maka pergeseran paradigma ini dapat diterima serta dihayati sebagai sebuah kenischayaan hidup yang tidak saja perlu dicermati, namun patut pula disyukuri karena merupakan buah karya umat manusia dalam usahanya untuk memperbaiki kualitas kehidupanya dari masa ke masa. Buku sederhana ini pada dasarnya merupakan suatu bunga rampai pemikiran penulis yang disusun berdasarkan pengetahuan serta pengalaman selama menekuni dunia pendidikan sebagai seorang mahasiswa, dosen, peneliti, mantan dekan dan rektor, anggota Dewan Pendidikan Tinggi, sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan, anggota Dewan Riset Nasional, dan anggota Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Harapannya adalah agar paling tidak kumpulan tulisan ini dapat menggugah dan meyakinkan para dosen maupun pimpinan perguruan tinggi, terhadap keragu-‐raguan atau kegamangan dalam mengadapi era yang serba digital tersebut. Atau paling tidak karya ini dapat menjadi jawaban terhadap begitu banyak pertanyaan yang sangat prinsip dan esensial mengenai makna kehadiran teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pendidikan tinggi (sistem pendidikan nasional). Akhir kata, perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah begitu banyak berperan dan membantu sehingga karya ini dapat diterbitkan. Mudah-‐mudahan kehadiran sejumlah pemikiran ini dapat menjadi oase dalam pengembangan khazanah ilmu pengetahuan di tanah air tercinta. Selamat menikmati .....
  Dikelola oleh PDII LIPI Hak Cipta © 2007-2019 LIPI